Laman

Rabu, 23 Februari 2011

Berpikir Cepat dalam Olahraga

Pendahuluan
Permainan sepakbola, tenis, bola voli, bola basket, sotfball dan baseball penuh dengan trik dan gerakan-gerakan yang menawan dan menarik untuk kita perhatikan. Pada pertandingan sepakbola sering kita lihat gerakan bola masuk ke gawang dengan melengkung atau laju bola dalam olahraga sotball & Baseball yang dilempar oleh pitcher (pelambung) ke arah catcher yang juga melengkung. Atau pukulan bola tenis yang melaju sangat cepat. Atau kita juga melihat bagaimana seorang pemain sepatu es yang dapat berputar di atas satu kaki sedemikian rupa sehingga dapat berputar semakin cepat.

Rabu, 16 Februari 2011

Alumni Angkatan 1985

Berikut redaksi menyajikan data alumni Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah yang mampu menyelesaikan studi dengan baik. Adapun diantara alumni yang mampu redaksi telusuri adalah :
1. Syamsulrizal (Dosen PJKR FKIP Unsyiah)
2. Razali (Dosen PJKR FKIP Unsyiah)
3. Nuraini (Guru SMP di Bogor)

Selasa, 15 Februari 2011

Hubungan Power Bahu dalam Permainan Bola Basket

Oleh Ifwandi
Abstrak : Cabang olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu yang bertujuan untuk dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam keranjang lawan. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang pemain dituntut mampu menguasai teknik dasar permainan bola basket dengan sempurna. Salah satunya yang berperan dalam bola basket adalah seorang atlet dituntut memiliki power otot bahu yang baik sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengetahui  hubungan  antara power otot bahu dengan ketrampilan bermain bola basket  mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2004.

Mahasiswa PPL 2011

Pengarahan Ketua Prodi
Mahasiswa Calon Pratikan
Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kulminasi dari rangkaian kegiatan yang ditempuh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala sebagai LPTK dalam mempersiapkan  calon-calon guru. Melalui PPL diharapkan terbinanya kemampuan profesional kependidikan di kalangan mahasiswa, sejalan dengan upaya menghasilkan calon-calon guru yang profesional sesuai dengan visi dan misi.
Pada semester genap tahun akademik 2010/2011, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga FKIP Unsyiah telah mampu mengirim 79 orang mahasiswa yang layak untuk melaksanakan praktek pengalaman lapangan. Pada tanggal 15 Februari 2011, Ketua Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah telah melakukan pengarahan secara menyeluruh kepada calon mahasiswa pratikan. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 10.00 - 12.30 Wib di ruang seminar program studi. Adapun nama-nama mahasiswa yang tidak hadir pada acara pengarahan umum tersebut tercata 15 orang mahasiswa. Materi yang disampaikan meliputi tentang bagaimana prilaku mahasiswa pada saat melakukan PPL. Lebih lanjut juga disampaikan tentang persiapan untuk mengajar, disiplin waktu, kerja kelompok, dan persiapan lainnya demi kesuksesan mahasiswa pratikan tersebut.


 

Jumat, 04 Februari 2011

Pengaruh Aktivitas Motorik Terhadap Terapi Traumatik Fisiologis dan Psikologis Masyarakat Pasca Gempa dan Tsunami

Oleh Syamsulrizal
Abstrak : Aktivitas motorik merupakan suatu pola perubahan bersifat tetap dalam prilaku gerak sebagai hasil dari latihan dan pengalaman yang bertujuan untuk membantu menjembatani antara konsep pemahaman dengan prestasi gerak. Pasca gempa bumi dan gelombang tsunami, masyarakat Aceh yang terkena musibah tersebut mengalami tekanan fisiologis dan psikologis dan perlu penanganan yang tepat untuk merehabilitasi kehidupan yang porakporanda. Peningkatan kualitas fisik melalui aktivitas motorik berupa latihan surya mamaskar dan senam kesegaran jasmani yang merupakan kegiatan olahraga masal akan mampu meningkatkan kebugaran fisik, mental dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan motorik terhadap terapi traumatik fisiologis dan psikologis pasca gempa bumi dan gelombang tsunami.

Rabu, 02 Februari 2011

Efektifitas Kebugaran Fisik di Daerah Pegunungan dengan Dataran Rendah terhadap Cardiovasculer

Oleh Nuzuli
Abstrak : Kebugaran fisik merupakan kapasitas umum untuk berusaha beradaptasi terhadap respon kerja fisik. derajat kebugaran fisik sangat bergantung pada tingkat kesehatan individu sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang luas. Manusia dapat hidup pada cuaca temperatur dingin, panas dan ketinggia. Maksud dan tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pengaruh kebugaran fisik pada daerah pegunungan dan dataran rendah terhadap cardiovascular.

Alumni Angkatan 1984

Redaksi berencana untuk menghimpun seluruh alumni yang telah menyelesaikan studi pada Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah secara lengkap. Pada saat ini redaksi menyajikan data awal rekan-rekan alumni yang mampu penulis ingat, diantaranya :
1. Sukardi Putra (Dosen PJKR FKIP Unsyiah)
2. Amiruddin (Dosen PJKR FKIP Unsyiah)
3. Miskalena (Dosen PJKR FKIP Unsyiah)
4. Juli Suherman (Guru SMA Neg 1 Sinabang)
5. Fitriadi (Perwira Polisi di Bogor)
6. Kamal Pasa (Kasi Olahraga Disbudpora Gayo Lues)
7. Mahdi (Guru SMA Neg 1 Beutong Nagan Raya)
8. Muhammad Najib (Alm) (Mantan Guru MTsN Darul Imarah Aceh Besar)
9.  Abdurrani (Kabag Umum SKB Labuhan Haji, Abdiya)
10. Zaini (Guru SMA Neg 1 Lhoknga, Aceh Besar)
11. Ismail (Guru SMP Neg 1 Kuala Simpang, Aceh Tamiang)
12. Ahmad Narawi (Guru SMP Neg 1 Seuruway, Aceh Tamiang)
13. Suheri (Guru SMP Neg 2 Bireuen)
Redaksi memiliki kendala untuk mendapatkan data lengkap terhadap rekan-rekan alumni angkatan pertama pada program studi ini, karena itu predaksi sangat mengharapkan informasi tentang keberadaan rekan-rekan alumni demi lengkapnya data blog ini. Bagi rekan-rekan yang mengetahui keberadaan para alumni mohon dapat mengirimkan biodata lengkap dan foto untuk diterbitkan pada blog ini. Biodata tersebut dapat di Email ke rahman_jpok@yahoo.com

Selasa, 01 Februari 2011

Perkembangan Olahraga Atletik

Oleh Abdurrahman
Cabang olahraga atletik  yang  meliputi  unsur  gerakan jalan, lari, lempar dan  lompat,  disebut  juga  induk  dari semua cabang olahraga dan  merupakan  cabang  olahraga  yang usianya paling tua diantara cabang olahraga lainnya. Akibatnya dapat dipahami bahwa usia atletik itusama tuanya  dengan asal mulanya  perkembangan  manusia  itu  sendiri.  Gerakan-gerakan  yang  terdapat  dalam  olahraga  atletik   tersebut merupakan bentuk gerakan yang paling asli  dan  yang  paling wajar dimiliki oleh manusia. Gerakan yang dimaksud merupakan gerakan-gerakan  yang  paling  penting  dan  tidak  ternilai harganya bagi manusia dalam menjalani perkembangan hidupnya.

Perjalanan Panjang Olahraga Tenis

Oleh Abdurrahman
Tenis ternyata merupakan olahraga yang sudah sangat tua. Terekam pada pahatan yang dibuat sekitar 1500 tahun sebelum masehi di dinding sebuah kuil di mesir yang menunjukan representasi dari permainan bola tenis dan dimainkan pada saat upacara keagamaan. Permainan ini kemudian meluas ke seluruh daratan eropa pada abad ke-8.

Ketua Program Studi Periode 2002-2005

Drs. Nuzuli, MS, Ketua Jurusan POK
Sekretaris Jurusan POK
Periode kepemimpinan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah, pada masa ini berubah untuk pertama kali menjadi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) mempayungi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek). Pada saat itu untuk pertama diangkat Drs, Nuzuli, MS sebagai Ketua Jurusan POK dan Sekretarisnya ditugaskan pada saudara Drs. Sukardi Putra, M.Kes. Ketua dan Sekretaris JPOK juga merangkap sebagai ketua dan sekretaris program studi. Pengangkatan ketua dan sekretaris didasari oleh Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor : 025 Tahun 2003 tanggal 8 Januari 2003.
 lebih lanjut lihat disini

Sejarah Kempo Dunia dan Indonesia

Oleh Zahara, dikutip dari PB Perkemi
1. Kempo dan Budhisme
Seketika orang berkesimpulan bahwa ilmu beladiri Kempo berasal dari dataran Tiongkok. Namun anggapan seperti ini tidaklah semuanya benar. Kira-kira tahun 550 M. Pendeta Budha ke 28 yang bernama Dharma Taishi pindah dari tempat tinggalnya di Baramon (India) ke daratan Tiongkok. Ia menetap disebuah Kuil yang bernama SIAU LIEM SIE atau dikenal kemudian dengan sebutan SHORINJI yang terletak di Provinsi KWAN NAN. 

Ketua Program Studi Periode 1997-2002

Sepeninggalan Dr. Saifuddin, M.Pd. yang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan doktor (S-3), selanjutnya ketua program studi dipilih Drs. Syamsulrizal, M.Kes sebagai ketua program studi periode 1997-2002. Adapun biodata lengkap beliau dapat pembaca lihat berikut ini :
I. Indentitas Pribadi
Nama : Drs. Syamsulrizal, M.Kes
Nip. : 19670130 199203 1 003
Tempat/Tanggal Lahir : Lambirah, Sibreh, 30 Januari 1967
Pangkat/Golongan : Pembina, IV/a
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala dalam Mata Kuliah Ilmu Kepelatihan
II. Riwayat Pendidikan
1. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sungai Limpah tamat tahun 1979
2. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jeureula (Sibreh) tamat tahun 1982
3. Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri Sibreh tamat tahun 1985
4. Sarjana Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah tamat tahun 1991
5. Pascasarjana (Magister Kesehatan Olahraga) Universitas Padjadjaran Bandung tamat tahun 1996

Ketua Program Studi Periode 1997-1997

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah setelah masa jabatan ketua program studi periode 1992-1997, kemudian dipimpin oleh Drs. Saifuddin, M.Pd. Beliau hanya dapat memimpin program studi ini selama 1 tahun, selanjutnya beliau melanjutkan studi pada program Doktor di Universitas Negeri Jakarta. Beliau dilahirkan di Aceh Besar tanggal 5 Mei 1958, diangkat menjadi dosen pada tahun 1987 dan memiliki Nomor Induk Pegawai 19580505 198703 1 005. Pada saat saat ini telah memiliki pangkat Pembina Golongan IV/a dan jabatan fungsional Lektor Kepala dalam mata kuliah Psikologi Olahraga. Bertempat tinggal di Jl. Makam T. Nyak Arief No. 1 Desa Lamreung Kabupaten Aceh Besar. Pendidikan sarjana beliau tamatkan pada tahun 1985 pada Jurusan Pendidikan Olahraga IKIP Yogyakarta, pada tahun 1994 telah mampu menamatkan program pascasarjana (S-2) di IKIP Jakarta dan pada tahun 2011 telah menamatkan jenjang pendidikan doktor (S-3) di Universitas Negeri Jakarta pada Jurusan Pendidikan Olahraga.