Laman

Monday, November 1, 2010

Perintis

Drs. Agussalim
Drs. Agussalim merupakan Dosen pertama yang membuka Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Namun sebelumnya beliau merupakan guru Sekolah Guru Pendidikan Djasmani (SGPD) Banda Aceh, kemudian beliau pindah menjadi guru pada Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP)dan Sekolah Menengah Olahraga tingkat Atas (SMOA) Banda Aceh yang mengajar pada Bidang Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Selanjutnya PGSLP dan SMOA ditutup dan lahirnya Sekolah Guru Olahraga (SGO).

Pada masa itu beliau dipindah menjadi guru yang mengajar di SGO. Setelah punya pengalaman yang cukup bagus, kemudian beliau pindah kembali menjadi Pegawai pada Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Bersamaan dengan itu, beliau juga menjadi Dosen Luar Biasa pada Program Diploma II Pendidikan Guru Olahraga FKIP Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 1984 dengan keberaniannya beliau membuka jenjang pendidikan sarjana untuk Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Unsyiah. Calon mahasiswa pertama beliau merekrut dari mahasiswa Program Studi Diploma III Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Unsyiah. Pada saat itu, terdapat 17 orang mahasiswa yang berkenan untuk pindah ke jenjang S-1, dan mahasiswa tersebutlah merupakan modal pertama untuk pengembangan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah seperti sekarang ini.
Pada waktu itu yang menjadi dosen untuk proses perkuliahan yang baru dibentuknya diminta kesediaan Alumni FPOK Medan, yaitu saudara Drs. Nuzuli, dengan didampingi oleh dosen luar biasa yang berasal dari Kanwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, dan Guru-guru SGO. Drs. Nuzuli, kemudian diangkat sebagai dosen pertama pada Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah pada bulan Maret 1986, setahun berikutnya diangkat Drs. Saifuddin sebagai dosen pada bulan Maret 1987 dan pada bulan Februari 1990, kembali diangkat Drs. Muhammad Jamil sebagai dosen yang ketiga.

No comments:

Post a Comment